Rumus Excel Menambah Umur dengan Mudah

0

Kasus menambah umur atau usia ini muncul pada saat akan melaksanaan penerimaan siswa baru jenjang dasar yang mengharuskan penerimaannya berdasarkan umur atau usia anak. Sebenarnya rumus untuk menambahkan umur juga berguna bagi pekerjaan lainnya yang menuntut untuk mengolah tanggal lahir dan umur.

Perlu dimengerti dulu menambahkan umur berarti Anda akan membuat umur seseorang menjadi lebih tua, sedangkan mengurangi umur membuat umur seseorang menjadi lebih muda.

Bagaimana menambah umur dengan rumus excel ?

Rumus excel untuk menambah umur sebenarnya sangat sederhana yaitu menggunakan rumus

=EDATE(TANGGAL,PENAMBAHAN)

Tapi sebelum mengurutkan umur sebaiknya Anda memahami Cara Mengatur Format Tanggal pada excel sehingga tampilannya sesuai dengan keinginan.

Kembali lagi pada mengurutkan umur, ada 2 bagian yang harus diisi rumus yaitu tanggal lahir setelah penambahan dan umur setelah penambahan

Bagian 1 dan 2 Membutuhkan Rumus dan pengaturan

Silahkan Anda masukkan tanggal lahir sesuai keinginan, dilanjutkan kolom angka penambahan diisi dengan angka dalam satuan bulan

Bagian 1

Rumus pada tanggal lahir setelah penambahan

=EDATE(A2,-B2)

Jangan lupa menambahkan tanda kurang “-” sebelum menuliskan B2 supaya tanggal lahirnya lebih awal (usianya menjadi lebih tua). Untuk mengurangi umur maka tinggal menghilangkan tanda kurang “-” sehingga tanggal lahirnya akan menjadi lebih muda.

Setelah memasukkan rumus diatas hasilnya akan muncul lima digit angka. Selanjutnya Anda harus melakukan pengaturan dengan mengubah angka tersebut menjadi tanggal dengan cara menekan tombol CTRL+1 (tombol CTRL dibarengi dengan angka 1).

Pada bagian category pilih Date, kemudian Locale (location) pilih Indonesian. Selanjutnya akan ada macam-macam pilihan model tanggal pada bagian Type silahkan pilih salah satu yang Anda sukai, kemudian klik OK.

Bagian 2

Pada bagian umur setelah penambahan diisi dengan rumus

=DATEDIF(C2,TODAY(),”Y”)&” Tahun “&DATEDIF(C2,TODAY(),”YM”)&” Bulan “

Rumus ini akan menampilkan umur dalam tahun dilanjutkan dengan bulan. Anda dapat mempelajari lebih dalam tentang penggunaan DATEDIF pada Cara Menghitung Umur untuk memahami lebih dalam penggunaan rumus tersebut.

Selanjutnya Anda dapat mengembangkan rumus tersebut hanya dengan melakukan copy dan paste dibawahnya untuk jumlah data yang lebih banyak. Sehingga Anda tidak perlu mengetikkan rumus berulang-ulang dan dapat menghemat waktu.

Setelah menambahkan umur pada setiap data, supaya dapat tersaji dengan rapi maka langkah selanjutnya Anda dapat mempelajari Mengurutkan Data Berdasarkan Umur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.