Bunga Anuitas dengan Pembayaran Pertriwulan atau Semester

0

Bunga anuitas merupakan cara umum yang digunakan bank untuk penyaluran kredit saat ini. Bukan tanpa alasan, cara ini tentunya menguntungkan pihak bank karena sebagian besar bunga akan dibayar diawal. Sedangkan pokok angsuran hutangnya dibayar belakangan. Bagaimana cara menghitung angsuran dan bunga anuitas dengan pembayaran pertriwulan atau persemester?

Masalah ini muncul dari pertanyaan pembaca kami yang mungkin juga dialami banyak orang lainnya. Maksudnya adalah kredit yang pada umumnya angsurannya dibayarkan setiap bulan akan diubah menjadi pertriwulan atau bahkan persemester. Kredit seperti ini biasanya dikhususkan bagi masyarakat pertanian yang kemampuan pembayarannya menunggu masa panen.

Dengan menggunakan rumus excel kita dapat dengan mudah memperkirakan besaran angsuran pokok dan bunganya. Sehingga kita dapat memperkirakan kemampuan pembayaran.

Kredit dengan Bunga Anuitas

1. Bunga Anuitas dengan Pembayaran Perbulan

Perhitungan kredit dengan bunga anuitas yang dibayar bulanan maka rumus yang digunakan seperti ini:Untuk contoh dari perhitungan anuitas yang dibayar bulanan sudah dibahas secara lengkap pada halamanĀ Rumus Excel Menghitung Bunga Anuitas.

2. Bunga Anuitas dengan Pembayaran Pertriwulan

Ketika menghitung kredit yang pembayarannya pertriwulan maka penyesuaian dari rumus tersebut hanya pada angka 12 diganti dengan 4. Artinya satu tahun dibagi empat maka diperoleh nilai tiga bulan yang berarti triwulan.

Download contoh perhitungan kredit dengan pembayaran pertriwulan

3. Bunga Anuitas dengan Pembayaran Persemester

Ketika menghitung kredit yang pembayarannya pertriwulan maka penyesuaian dari rumus tersebut hanya pada angka 12 diganti dengan 2. Artinya dalam satu tahun terdapat dua semester

Download contoh perhitungan kredit dengan pembayaran persemester

Semoga informasi di atas dapat memudahkan Anda dalam menghitung kredit dengan bunga anuitas. Pertanyaan berkaitan dengan bunga anuitas dapat Anda tuliskan pada kolom komentar di bawah. terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.