Panduan Belajar Mengetik Sepuluh Jari

0

Panduan Belajar Mengetik Sepuluh Jari – Kebutuhan untuk menggunakan perangkat komputer dalam menyelesaikan pekerjaan semakin tinggi. Dibutuhkan kemampuan yang memadahi untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan tetap waktu.

Salah satunya kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk segala pekerjaan dengan menggunakan komputer adalah menguasai mengetik sepuluh jari. Apakah Anda sering menggunakan word, excel, powerpoint ? Sampai coding sekalipun Anda akan membutuhkan kemampuan dasar ini. Untuk dapat menguasai teknik ini dibutuhkan niat dan kedisiplinan untuk terus mencoba.

Pemahaman Dasar Mengetik Sepuluh Jari

Untuk dapat menguasai kemampuan mengetik dengan menggunakan 10 jari Anda harus memperhatikan pembagian tombol yang harus ditekan jari Anda.

Belajar Mengetik Sepuluh Jari

Pada umumnya, setiap keyobard pada huruf F dan huruf J terdapat benjolan kecil. Ini berguna sebagai panduan Anda meletakkan jari telunjuk. Huruf F untuk jari telunjuk tangan kiri dan huruf J untuk jari telunjuk tangan kanan.

Sedangkan untuk jari tengah, jari manis, dan jari kelingking menyesuaikan pada huruf disamping kiri untuk tangan kiri dan huruf disamping kanan pada tangan kanan. Perhatikan huruf-huruf yang ditebalkan dengan warna putih tersebut. Itu merupakan posisi awal jari Anda harus berada, kemanapun “perginya” jari harus kembali lagi pada posisi awal.

Pembagian “kekuasaan” jari ditampilkan dengan warna yang sama. Misalnya jari kelingking tangan kiri posisi awalnya ada pada huruf A, sedangkan kekuasaanya mencakup angka 1, huruf Q, A, Z, ditambah fungsi lainnya yang ada pada keyboard.

Pada jari telunjuk pembagian kekuasaan jari telunjuk kiri dan telunjuk kanan dipisahkan oleh garis.

Baca :
1. Cara menampilkan garis tepi pada Word
2. Cara menghitung umur dengan Excel

Panduan Belajar Mengetik Sepuluh Jari

Agar dapat menguasai kemampuan mengetik sepuluh jari ini, Anda harus meluangkan waktu minimal 30 sampai 60 menit setiap harinya untuk belajar. Selama kurang lebih 7 hari, bisa lebih maupun kurang bergantung kedisiplinan Anda belajar.

Kelompok huruf digolongkan berdasarkan baris. Baris atas mencakup QWERTYUIOP, baris utama ASDFGHJKL, baris bawah ZXCVBNM. Untuk latihan dasar Anda sebaiknya hanya menggunakan huruf utama saja ditambah dengan bilah spasi dan tombol enter.

Hari 1

Biasakan dengan memposisikan jari pada bilah huruf pada posisi awal. Selanjutnya coba buat kombinasi dua huruf hanya pada baris utama saja. Tidak perlu terburu-buru, tapi biasakan jari Anda untuk menekan dan sampai hafal pada huruf baris utama. Sebagai contoh : jari kiri (SA, FA, SG), jari kanan (HL, JK,LH), kombinasi dua tangan (JA, LG, KD). Ulang-ulang cara ini sampai hafal.

Target hari pertama, Anda berhasil menghafal tugas jari pada baris utama termasuk mengkombinasikan huruf-hurufnya.

Hari 2

Kombinasikan menggunakan huruf pada baris atas dengan baris utama. Mulai dari kombinasi jari tangan kiri, dilanjutkan jari tangan kanan, kemudian kombinasi kedua tangan.

Target hari kedua, Anda berhasil menghafal tugas jari pada baris utama ditambah baris atas berserta kombinasi huruf-hurufnya.

Hari 3

Kombinasikan menggunakan huruf pada baris bawah dengan baris utama. Sama seperti hari kedua, hanya saja kombinasinya dengan baris bawah.

Targetnya, Anda berhasil mengkombinasikan huruf baris bawah dan baris utama serta menghafalnya.

Hari 4 dan 5

Kombinasi baris utama, baris atas, dan baris bawah. Coba mengetik kata membentuk kata, misalnya BUMI, SAPI, LAUT, BADAN, dan seterusnya sampai Anda tidak perlu lagi melihat tombol keyboard dan tidak melakukan kesalahan pengetikan huruf lagi.

Target hari keempat dan kelima, Anda dapat melakukan kombinasi 4-6 huruf dengan benar.

Hari 6

Siapkan sebuah buku bacaan, bisa dongeng dari majalah maupun surat kabar. Silahkan untuk diketik tanpa melihat tombol keyboard. Silahkan lakukan pengetikan, setiap satu paragraf silahkan berhenti dan evaluasi kesalahan pengetikannya. Usahakan untuk tidak mengulangi pada paragraf berikutnya.

Latihan pada hari keenam ini, menitik beratkan pada tingkat validitas huruf yang Anda ketik, sehingga targetnya meminimalkan salah pengetikan huruf. Untuk latihan kecepatan dilakukan hari ketujuh.

Hari 7

Gunakan software latihan mengetik yang banyak tersedia diinternet seperti Typer Shark Delux untuk melatih sekaligus meningkatkan kemampuan dan kecepatan mengetik Anda. Untuk dapat mengunduhnya Anda dapat mengunduhnya disini.

Targetnya Anda dapat mengetik 60 sampai 80 kata permenit dengan benar.

Aturan Mengetik Sepuluh Jari

Untuk menguasai kemampuan mengetik sepuluh jari dengan baik diperlukan kedisiplinan dalam mematuhi

  • Setelah menekan tombol huruf, jari harus kembali keposisi awal (perhatikan warna putih huruf yang ditebalkan pada gambar diatas).
  • Ketika huruf terakhir yang Anda ketik jatuh pada tangan kiri (misalnya huruf A) maka tugas untuk menekan bilah spasi menjadi tugas ibu jari tangan kanan. Begitu pula sebaliknya, ketika huruf terakhir suatu kata jatuh pada tangan kanan (misalnya huruf N) maka tugas untuk menekan bilah spasi menjadi tugas ibu jari tangan kiri.

Semoga panduan belajar mengetik sepuluh jari ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan. Untuk pertanyaan, saran, dan kritik dapat anda tuliskan pada bagian komentar dibawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.